Cara Sederhana Untuk Merawat Dan Cek Rem Mobil

#RemMobil #SistemRemMobil #KomponenRemMobil

Merawat Dan Cek Rem Mobil | Kecelakaan yang disebabkan rem blong sering kali tersiar diberbagai berita. Ini akibat rem mobil tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Istilahnya adalah rem blong.

periksa rem mobil

Saking utamanya fungi rem mobil, banyak produsen mobil yang menyematkan teknologi pengereman mobil dalam produk mereka. Teknologi ini memberikan sistem pengereman mobil yang handal dan mencegah kecelakaan.

Akan tetapi, secanggih apapun teknologi sistem pengereman yang terbenam dalam mobil bila tidak dilakukan perawatan rem mobil, maka akan serasa percuma saja. Apapun jenis teknologi sistem rem mobil yang ada, sangat dianjurkan untuk merawat dan cek rem mobil secara berkala.

Kondisi rem mobil yang tidak terawat dan jarang dicek akan sangat berbahaya. Untuk itu, sebagai pengendara mobil yang baik, sangat disarankan untuk mengecek kondisi rem mobil secara rutin atau berkala. Perlu cara untuk merawat dan cek rem mobil apakah masih baik atau tidak.

Pengecekan rem mobil bisa dilakukan pada bagian-bagian penting saja. Periksa komponen yang bisa menyebabkan rem mobil tidak berfungsi atau penyebab rem blong. Setidaknya ada lima bagian sistem rem mobil yang harus di cek kelayakanya.

  1. Selang oli minyak rem yang bocor.
  2. Masalah di booster dan master rem.
  3. Kampas rem sudah tipis.
  4. Jumlah dan kualitas oli minyak rem yang buruk.
  5. Piston rem sudah aus.

Jika mendapati komponen rem mobil di atas yang rusak, maka wajib untuk diperbaiki langsung. Kerusakan kecil pada rem mobil dapat membuat rem mobil blong. Sebaiknya mengecek rem mobil dilakukan empat bulan sekali. Jika merasakan ada yang tidak beres dengan rem mobil, maka segera lakukan perawatan dan pengecekan rem mobil. Ini merupakan cara sederhana untuk merawat rem mobil dan melakukan cek rem mobil.

Rem mobil harus pakem. Bagaimana cara mengecek pakem tidaknya rem mobil? Kepakeman rem mobil itu berhubungan dengan kecepatan respon rem dan daya cengkram kampas rem. Untuk mengecek rem mobil, bisa dengan mengikuti langkah-langkah cara mengecek kepakeman rem mobil berikut ini.

  • Injak dan tahan pada pedal rem, lalu lepaskan. Ulangi lagi beberapa kali sambil menambah atau mengurangi kecepatan mobil.
  • Rasakan kepakeman rem mobil dan dengarkan suara komponen rem mobil yang bekerja. Bila ada yang dirasa aneh, maka patut untuk dicurigai.

Tips bila saat berkendara dengan kondisi rem blong, maka lakukan pengereman dengan cara engine brake dan jangan panik. Teknik engine brake ini dengan cara mengurangi gigi persneling secara perlahan-lahan.

Tags: bengkel mobil bengkel servis cara kerja rem jenis rem merawat mobil perawatan mobil teknologi rem tips otomotif

Related Post "Cara Sederhana Untuk Merawat Dan Cek Rem Mobil"

Wiring Diagram Kelistrikan Yamaha Vixion
#Yamaha #Vixion #DiagramKelistrikan Kelistrikan Yamaha Vixion |
Cara Reset Automatic Power Window Mobil
#Mobil #DIY #Bengkel Automatic Power Window |
Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |

Leave a reply "Cara Sederhana Untuk Merawat Dan Cek Rem Mobil"