Tips Otomotif, Cara Mengetahui Kapan Mengganti Ban

#GantiBan #BanHarusGanti #BanMobil

Cara Mengetahui Kapan Mengganti Ban | Saat musim hujan tiba, mengecek kondisi ban sangat diperlukan. Ban yang sudah gundul atau habis akan berefek pada tidak stabilnya ban saat melaju di jalanan yang licin dalam kondisi hujan. Sering terjadi slip ban.

harus ganti ban

Untuk menghindari ban slip ini, maka sebaiknya ketahui kapan waktunya mengganti ban yang tepat. Kondisi ban yang baik adalah ban yang bisa menapak mencengkram di jalan dengan baik. Ban yang masih dalam kondisi baik berfungsi untuk menghindari resiko terjadinya kecelakaan. Selain itu kenyamanan dalam berkendara juga sangat dipengaruhi oleh kondisi ban.

Lantas, apa saja ciri-ciri ban yang sudah tidak layak pakai dan harus sudah di ganti? Kapan jangka waktu ganti ban yang tepat? Lalu, bagaimana cara mengetahui kapan mengganti ban yang tepat? Dan bagaimana kondisi ban yang sudah habis atau tipis?

Untuk mengetahui kondisi ban yang sudah tidak layak pakai atau sudah harus diganti ada beberapa cara, bisa dilihat secara fisik atau berdasarkan petunjuk seberapa jauh jarak tempuh ban.

  • Perhatikan bagian permukaan ban apakah sudah licin atau tidak. Kalau terlihat sudah licin tandanya ban sudah harus diganti. karena bahayanya apabila permukaan ban sudah licin akan sangat berbaya bagi keselamatan. Saat hujan, permukaan ban yang sudah licin akan mudah slip dan apabila aspal dalam keadaan panas ban akan lebih cepat sobek atau retak-retak.
  • Periksa kedalaman alur pada tapak ban. Apabila kedalaman kurang dari 1,5 mm, maka ban sudah harus diganti karena kondisi ban tersebut akan menyebabkan ban mudah bocor. Pasa samping ban, ada tanda segitiga sebagai tanda keausan ban.
  • Keadaan ban yang sudah retak atau sudah mulai terlihat kawat, menandakan kondisi ban sudah tidak layak pakai dan harus segera diganti karena sangat rentan pecah terlebih lagi pada keadaan aspal yang panas.
  • Bila ban sudah sering mengalami kebocoran dan sering di tambal sangat disarankan harus segera diganti. Karena ban yang sudah sering bocor dan ditambal, maka lambat laun akan merubah bentuk ban yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan.
  • Ketahui tanggal penggunaan ban dan jarak tempuh mobil yang dikendarai, karena biasanya setiap produsen mobil telah menentukan ketahanan ban berdasarkan jarak tempuh kendaraan tersebut.

Cara mengetahui kapan mengganti ban ini berlaku untuk ban mobil dan ban motor. Pada dasarnya penanganan pada semua jenis ban kendaraan adalah sama.

Tags: ban mobil ban motor merawat mobil perawatan mobil safety car safety riding tips jalanan tips otomotif

Related Post "Tips Otomotif, Cara Mengetahui Kapan Mengganti Ban"

Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan

Leave a reply "Tips Otomotif, Cara Mengetahui Kapan Mengganti Ban"