Merawat Jok Kulit Demi Kenyamanan Berkendara

adsense-fallback

#JokKulitMobil #BersihBerkendaraNyaman #InteriorMobil

Merawat Jok Kulit | Kebersihan interior mobil bisa memberikan kenyamanan saat berkendara. Semakin nyaman rasa bila mengemudi dengan jok mobil dalam keadaan bersih. Mengingat jok mobil merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan pengemudi, maka sudah selayaknya dirawat secara berkala. Jok mobil yang jarang dirawat, akan beresiko kerusakan yang sulit diperbaiki.

adsense-fallback

Bahan cover jok yang terbuat dari kulit memang perlu perawatan khusus. Selain jok kulit yang terlihat elegan dan mewah, jok kulit juga memerlukan penanganan khusus untuk menjaga penampilannya.

Hal sederhana dalam merawat jok kulit adalah dengan menjaga kebersihannya. Butuh ketelatenan untuk melakukan hal ini. Untuk membersihkan jok kulit, diperlukan alat penyedot debu, lap kanebo, air, cairan pembersih khusus kulit dan lotion untuk bahan kulit.

Untuk mendapatkan, cairan pembersih dan lotion bahan kulit, bisa didapatkan di toko aksesoris mobil. Selain itu, cairan pembersih bisa dibuat sendiri dengan bahan dasar campuran cuka dan minyak biji rami.

Sebelum dibersihkan dengan cairan pembersih, jok kulit dibersihkan dulu dengan penyedot debu. Pastikan debu yang pada seluruh bagian hingga bagian-bagian yang tersembunyi telah bersih. Bila perlu, usaplah jok kulit dengan lap kanebo yang telah dibasahi air untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel.

Tunggu hingga jok kulit dirasa telah kering. Bila dirasa cukup kering, berikan treatment dengan cairan pembersih. Basahi lap kanebo dengan cairan pembersih. Lalu, bersihkan jok kulit menggunakan kanebo tersebut. Ulangi hingga jok kulit dirasa cukup bersih.

Hal yang perlu di perhatikan, pilihlah jenis cairan pembersih yang tidak merusak jok berbahan kulit. Bila perlu, dilakukan pengecekan terhadap reaksi kimia yang terjadi disaat membersihkan jok kulit dengan cairan pembersih. Hal ini dilakukan untuk menjaga keawetan bahan kulit terhadap reaksi kimia.

Untuk mempermudah dalam membersihkan jok kulit, pembersihan bisa dilakukan secara per bagian yang kemudian langsung dibersihkan dengan lap bersih.

Langkah yang terakhir adalah dengan memberika lotion pelindung untuk bahan kulit. Lotion ini bertujuan menjaga kelembaban bahan kulit, sehingga tak mudah rusak atau pecah. Hal yang paling dihindari pada jok kulit adalah panas. Panas akan mengeringkan kulit sehingga menyebabkan kerusakan seperti pecah-pecah bahkan berubah warna.

Merawat jok kulit memang menyita waktu dan perlu ketelatenan. Pengorbanan yang dilakukan akan terbayarkan dengan terjaganya penampilan jok kulit yang terkesan mewah dan elegan.

adsense-fallback