Ketahui Ukiran Kembangan Ban Mobil Depan dan Belakang

#AlurBan #UkiranBan #KembanganBan

Ukiran Kembangan Ban Mobil Depan dan Belakang | Ban mobil depan dan ban mobil belakang mempunyai perbedaan yang mudah untuk diketahui. Terdapat berbagai ciri khas antara ban depan dengan ban belakang.

batikan alur ban

Jika dilihat secara kasat mata, maka tidak ada bedanya antara ban mobil depan dengan ban mobil belakang. Namun, jika diperhatikan secara seksama, kembangan ban (ukiran batikan ban) atau pattern ban dari kedua ban depan dan ban belakang ternyata berbeda.

Sebelum jauh untuk membedakan kembangan ban mobil depan dan ban mobil belakang, sebaiknya ketahui dulu fungsi ban depan dan fungsi ban belakang. Meskipun secara sepintas kedua posisi ban memiliki ukuran dan penampilan yang sama, namun fungsi antara ban depan dan belakang itu berbeda.

Perbedaan fungsi dari kedua posisi ban tersebut membuat ban belakang dan ban depan jadi tidak bisa diputar atau dipindah-pindah karena akan membuat mobil menjadi tidak seimbang. Jadi, bedakan kembangan ban mobil antara depan dan belakang adalah salah satu cara untuk melihat perbedaan dari keduanya.

Ciri khas pada kembangan ban mobil depan adalah terdapat batikan kembangan pada tengah ban. Terdapat alur pada tengah-tengah ban. Alur tersebut berfungsi untuk memecah air. Hal ini sangatlah membantu karena air pada ban depan akan bisa mengalir dengan mudah ke arah kanan atau kiri dan juga ke arah belakang sehingga tidak membuat ban menjadi licin.

Selanjutnya, ciri khas kembangan ban belakang. Kembangan alur ban pada ban belakang adalah tidak ada alur tengahanya, seperti halnya pada ban depan.

Ban belakang memiliki fungsi yang berbeda dengan ban depan, yaitu untuk menyalurkan kekuatan rantai menuju tanah. Jadi, kembangan yang ditiadakan dari ban depan membuat ban hanya mampu mengalirkan air ke arah kiri dan kanan. Salah satu tujuan dari tidak adanya kembangan atau alur batikan tengah pada ban belakang adalah untuk meningkatkan fungsi ban belakang itu sendiri. Karena peniadaan alur akan membuat gaya gesek antara ban dengan aspal ataupun tanah akan semakin bertambah.

Mudah bukan cara membedakan kembangan ban mobil depan dan belakang? Namun demikian, faktanya banyak pemilik mobil yang merotasi ban dari depan ke belakang dan sebaliknya. Selain itu banyak juga toko ban mobil yang juga melakukan perawatan ban mobil dengan rotasi ban seperti itu.

Untuk itu, bagi pemilik yang sudah bisa membedakan antara ban depan dan belakang, sebaiknya melakukan perawatan ban sebagaimana mestinya.

Tags: angin ban ban mobil ban motor info otomotif kamus otomotif kode produksi ban spesifikasi ban

Related Post "Ketahui Ukiran Kembangan Ban Mobil Depan dan Belakang"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250

Leave a reply "Ketahui Ukiran Kembangan Ban Mobil Depan dan Belakang"