Apa Jadinya Bila Mengalami Oli Mesin Habis

#OliMesin #KerusakanMesin #TipsOtomotif

Mengalami Oli Mesin Habis | Bagi kendaraan bermotor, oli mesin itu sangat penting. Lantas, apa jadinya bila mengalami oli mesin habis atau tinggal sedikit? Tentu saja ini akan berimbas pada komponen penting di dalam mesin.

dampak oli habis

Perlu diketahui bahwa, oli mesin dipakai oleh kendaraan untuk membuat mesin tetap stabil berputar sesuai kapasitasnya. Jika mesin tiba-tiba mati karena kehabisan oli atau oli yang tinggal sedikit, maka bisa jadi pertanda buruk bagi mesin kendaraan. Efek oli mesin habis bisa mengakibatkan over haul mesin atau turun mesin.

Tidak semua orang mengerti tentang akibat oli yang habis pada mesin mobil. Banyak orang hanya memasukkan ke bengkel tanpa melakukan pencegahan. Untuk itu, setidaknya bagi pemilik kendaraan mengetahui efek akibat oli mesin habis atau oli mesin berkurang dan cara menghindari kejadian tersebut.

Untuk itu, simak artikel tentang apa jadinya bila mengalami oli mesin habis berikut ini.

  • Jika oli habis tanpa tersisa maka secara otomatis mesin mobil akan berhenti. Akibatnya adalah berbagai macam komponen mesin akan mengalami kerusakan karena tidak ada pelumas bagi komponen mesin yang bergerak. Akibatnya mesin cepat panas dan suara mesin menjadi kasar.
  • Kruk AS pada mobil biasanya akan rusak parah dan baru bisa dipakai kalau diganti baru. Jadi ini akan menjadi pengeluaran yang cukup besar. Akibat lainnya adalah kruk AS yang rusak akan membawa kerusakan baru pada blok mesin.
  • Blok mesin dan kruk AS yang rusak bisa menjadi pengeluaran yang besar, karena harus mengganti satu set mesin mobil.
  • Bagian mesin lain yang akan rusak adalah pada stang seker (rocker arm) dan silinder mesin. Bahkan rem juga bisa mengalami gangguan seperti gosong atau aus.

Sungguh sangat fatal bukan, bila mengalami oli mesin habis. Mesin kendaraan akan tidak berfungsi bila tidak terdapat oli mesin di dalamnya. Oli seperti darah bagi manusia. Banyak oli yang mengalir dalam mesin mobil dan semua itu dipakai untuk pergerakan mesin agar tidak terlalu keras.

Banyaknya komponen mesin yang akan ikut rusak bila mengalami kehabisan oli mesin. Biasanya kerusakan mesin ini akan merembet ke komponen mesin lainnya. Untuk itu, pastikan selalu cek level oli mesin kendaraan yang di tumpangi. Bila sudah waktunya ganti oli mesin, maka segeralah ganti oli sesuai jadwal servis rutin.

Namun bila mengalami kehabisan oli mesin atau oli mesin berkurang dengan sendirinya, maka kondisi mesin dan oli yang dipakai perlu di cek dan dikonsultasikan ke mekanik bengkel kendaraan yang terpecaya. Itu pertanda ada yang tidak beres dengan mesin atau salah pilih oli mesin. Ketahui sejak dini penyebab oli mesin berkurang.

Tags: info otomotif merawat mobil mesin mobil mesin motor oli mesin pelumas mesin

Related Post "Apa Jadinya Bila Mengalami Oli Mesin Habis"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |

Leave a reply "Apa Jadinya Bila Mengalami Oli Mesin Habis"