Teliti Sebelum Membeli, Amati Kode Produksi Aki

Posted on

#KodeProduksiAki #TelitiSebelumMembeli #StandarisasiAki

Kode Produksi Aki | Aki atau accu itu ada masa expirednya. Dalam casing aki terdapat juga kode tanggal produksi. Rata-rata umur kelayakan aki motor atau mobil selama 2 tahun. Bila cara perawatan aki dilakukan dengan benar, umur kelayakan aki bisa mencapai 6 tahun.

membaca kode produksi aki

Biasanya, aki yang sudah berumur akan mengalami penurunan daya penyimpanan listriknya. Tanda-tanda aki berkurang daya listriknya adalah tidak kuat digunakan untuk stater motor. Maka aki perlu di charge atau isi ulang sesuai dengan tata cara merawat aki dengan benar.

Penurunan daya listrik akan mengakibatkan aki tekor. Sangat repot bila motor atau mobil tidak bisa di stater dan lampu meredup. Itulah rasanya bila mengalami aki tekor. Maka, berusahalah merawat aki dengan benar dan berkala.

Maka, bila membeli aki baru, belilah aki yang tanggal produksinya terbaru. Hindari membeli aki yang tanggal produksinya sudah lama. Semakin terbaru tanggal produksinya, maka kemungkinan besar umur kelayakan aki yang dibeli akan lebih lama.

Saat membeli aki, memang harus hati-hati. Amati tanggal produksi dan expirednya. Lihat dulu kode produksi aki. Jangan tergiur dengan harga aki murah.

Kode produksi aki GS

Di aki GS disudut atas sebelah kiri tertera angka 10.08.11. Cara membaca kode produksi aki GS adalah, angka 10 menunjukan tanggal produksi. Angka 08 menunjukan bulan. Angka 11menunjukan tahun produksi 2011.

Selain itu, ada juga kode produksi aku GS 6 digit. Nomor kode produksi accu GS 16D13A5. Tanggal produksi di dua nomor pertama. Huruf D berarti dibikin April. GS memberi kode untuk bulan Januari – September menggunakan huruf A sampai L. Angka 13 berarti tahun produksi 2013. Sedangkan A5, waktu shift produksi di pabrik dan di line mana aki diproduksi.

Kode produksi aki Yuasa

Aki Yuasa biasanya nomor 8 digit. Nomor kode produksi accu Yuasa 10041323. Angka 29 artinya aki ini diproduksi tanggal 10, angka 04 menandakan bulan April, lalu angka 13 merupakan tahun produksi aki 2013, dan 23 adalah ID kode produksi.

Selain 8 digit, ada juga kode produksi aki Yuasa 7 digit 1108149. Dua nomor paling kiri kode hari, dua angka berikut tanda bulan produksi, dua angka berikut tahun produksi, dan angka terakhir kode negara produksi. Artinya Aki ini diproduksi hari ke-11, di bulan ke-8, di tahun 2014, dan diproduksi di Indonesia.

Dalam memilih membeli aki memang diperlukan kecermatan. Jangan sampai ketipu karna kurangnya pengetahuan pembeli. Selain kode produksi aki, ada juga kode standarisasinya. Ada dua jenis standarisasi accu, standar Jepang (JIS) dan standar Jerman (DIN). Di Indonesia, memakai standar Jepang.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Butuh dirimu sebagai inspirasi ku