Lampu Mobil dan Wiper, Penentu Jarak Pandang Mobil

adsense-fallback

#LampuMobil #WiperMobil #JarakPandangMobil

Lampu Mobil dan Wiper, Penentu Jarak Pandang Mobil | Disaat mengemudi di malam hari dengan cuaca hujan, maka sangat dibutuhkan keberfungsian dari lampu mobil dan wiper mobil. Jangan sampai saat di jalan, pengemudi kesusahan dalam melihat pengendara lain di jalan. Selain itu, jangan sampai juga, kendaraan yang kita tumpagi susah dilihat keberadaan oleh pengemudi lain di kala cuaca jalanan gelap hujan.

adsense-fallback

Biasanya, kondisi tersebut menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di malam hari. Maka dari itu, pastikan bahwa lampu mobil dan wiper dapat berjalan normal.

Lampu mobil merupakan komponen pembantu visibility pengemudi dalam melihat jalanan di depannya. Selain itu, dengan kondisi lampu mobil menyala, keberadaan mobil akan dapat dilihat oleh kendaraan lain. Pastikan bahwa, lampu utama mobil, lampu belakang dan lampu sein dapat berfungsi secara normal.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah, memastikan kebersihan plastik kaca lampu mobil dalam keadaan bersih. Kotoran noda yang menempel pada plastik kaca lampu mobil akan mengurangi cahaya yang di pancarkan oleh lampu mobil. Biasanya ini terjadi saat plastik kaca lampu mobil telah buram.

Tidak kalah pentingnya adalah, arah sorotan lampu utama mobil telah menyorot ke arah yang benar. Arah cahaya lampu utama mobil agak mengarah ke bawah di jalanan. Arah cahaya lampu utama mobil yang mengarah kedepan malah akan menggangu dan membuat silau pengemudi mobil di depannya.

Lampu belakang mobil dan lampu sein mobil juga bakal membantu pengemudi kendaraan di belakang untuk melihat kendaraan yang kita tumpangi. Ini untuk menghindari kecelakaan di jalanan.

Selain lampu mobil, bila mengendarai mobil disaat hujan, maka dibutuhkan wiper kaca mobil. Wiper ini berfungsi untuk membersihkan air dan debu kotoran yang menempel pada kaca mobil. Pastinya, debu dan air pada kaca depan mobil akan mengurangi jarak pandang mobil.

Disaat musim hujan seperti sekarang ini, keberadaan wiper sangat membantu disaat mengemudi mobil kehujanan. Disarankan untuk sering menggunakan wiper di kala hujan.

Selanjutnya, di kala musim kemarau, sangat disarankan juga untuk selalu mengecek keberfungsian wiper mobil. Sesekali menggunakan wiper mobil. Perlu diketahui bahwa, wiper yang jarang dipakai akan membuat karet wiper mobil akan mengeras. Kalau karet wiper ini sudah keras, maka wiper tidak akan lagi berfungsi normal.

adsense-fallback