Tips Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil

#KnalpotMotor #KnalpotOrisinil #KerakKnalpot

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil | Knalpot motor merupakan komponen sepeda motor yang berguna sebagai saluran gas buang sisa pembakaran dari ruang bakar mesin motor (combustion chamber). Selain itu, knalpot juga mendukung penampilan motor menjadi lebih berkarakter.

knalpot motor satria fu

Penampilan kondisi bentuk knalpot semakin menambah penampilan karakter motor. Suara knalpot motor yang dikeluarkan juga menjadi ciri khas karakter motor itu sendiri.

Namun, apa jadinya bila penampilan knalpot motor tidak terawat. Apalagi penampilan knalpot motor orisinil yang berkarat dan menguning pada leher knalpot. Bisa jadi kalau sudah begitu, suara knalpot pun juga akan terganggu dan menjadi kurang optimal. Sungguh mengurangi performa penampilan dan suara motor itu sendiri.

Umumnya knalpot memiliki masa kegunaan yang cukup lama. Namun lama-kelamaan akan memungkinkan terjadinya korosi atau karat pada knalpot. Hal ini terjadi kaerna perbedaan suhu di dalam dan diluar pipa knalpot. Karat korosi knalpot akan lebih cepat bila motor sering digunakan di daerah dekat pantai. Ini diakibatkan oleh kandungan garam yang cukup tinggi pada udara sekitar dan memungkinkan kotoran yang ada lebih mudah menempel dibandingkan bagi anda yang mempunyai lokasi tempat tinggal jauh dari pantai.

Maka dari itu, knalpot motor membutuhkan perawatan yang cukup untuk tetap menjaga penampilan dan suara knalpot yang prima. Untuk melakukan perawatan tersebut, tidak usah harus kebengkel, bisa di lakukan sendiri di rumah.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak tips cara merawat knalpot motor orisinil berikut ini.

  • Panas yang dihasilkan mesin akan cepat menimbulkan karat dan kekuningan pada knalpot. Hal ini karena cepatnya kotoran yang menempel pada pipa knalpot. Maka dari itu disarankan panaskan mesin secukupnya, jangan terlalu lama.
  • Bersihkan lubang buang pada silencer dengan cara memberikan oli secukupnya dalam lubang silencer tersebut dalam waktu enam bulan sekali. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran atau mengeroposnya knalpot pada bagian silencer maupun leher knalpot yang berdekatan dengan silencer.
  • Jika sudah terjadi korosi pada knalpot, maka segera bersihkan kotoran yang menempel tersebut dengan sikat yang masih bagus dan kuat. Caranya dengan mengoleskan detergen di bagian knalpot yang kotor atau berkarat. Lalu sikat dengan kuat-kuat kotoran atau karat tersebut hingga bersih. Jika kotoran membandel anda dapat menggunakan sikat kawat agar lebih mudah dalam membersihkan kotoran atau karat tersebut.
  • Jika bagian pipa knalpot sudah cukup bersih, maka lakukan perawatan pembersihan dengan cara mengoleskan oli bersih pada leher knalpot ini dengan merata. Lalu hidupkan mesin cukup sekitar dua menit agar oli tersebut menyerap dan lama-kelamaan leher knalpot akan lebih bersih seiring dengan mengelupasnya oli yang kepanasan tersebut.
  • Jika setelah selesai cuci motor atau setelah motor kehujanan, maka keringkan bagian knalpot ini dengan hati-hati. Dan bila perlu semprot dengan cairan anti karat.
  • Apabila bagian silencer knalpot original kendaraan berbahan chrome maka lap dengan kain lembut agar tidak mimbulkan goresan yang menyebabkan kurang baiknya penampilan kendaraan.
  • Jika terdapat karat atau noda sangat membandel maka gunakanlah cairan portex. Karena dengan cairan ini karat atau korosi yang membandel akan mudah menghilang. Namun anda harus sangat hati-hati dalam menggunakan cairan yang sangat kuat ini, jika salah-salah mengenai blok mesin maka akan melunturkan warna blok mesin ini sendiri.
  • Untuk menghilangkan bercak hitam karena percikan aspal yang masih baru pada knalpot atau bahkan blok mesin kendaraan, maka dapat dibersihkan dengan menggunakan Pertamax Plus yang campur dengan minyak tanah dengan perbandingan 1:2. Kemudian campuran tersebut dioleskan secukupnya pada bercak kehitaman tersebut dan sikat dengan menggunakan sikat kecil sampai bercak hitam tersebut hilang.
  • Selau periksa lubang pembuangan air yang terdapat pada bagian bawah silencer setiap knalpot. Jika tersumbat maka tusuk lubang pembuangan air tersebut dengan lidi ataupun paku kecil.
  • Cek kebocoran gasket paking knalpot serta periksa kekencangan baut penyangga knalpot. Bila kebocoran ini terjadi maka akan mengurangi performa mesin motor dan menjadikan suara knalpot motor tidak bagus.

Untuk melakukan perawatan knalpot motor, dapat dengan melakukan tips cara merawat knalpot motor orisinil di atas secara berkala. Kalau komponen sepeda motor selalu dirawat, maka penampilan dan performanya pun akan selalu prima.

Tags: info otomotif kerak mesin mobil mencuci mobil sparepart motor tips jalanan tips otomotif

Related Post "Tips Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |

Leave a reply "Tips Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil"