Tips Ringan Cara Merawat Helm Full Face

#HelmFullFace #MerawatHelm #CuciHelm

Cara Merawat Helm Full Face | Helm motor, merupakan salah kelengkapan keselamatan perlindungan pengendara sepeda motor. Helm ini digunakan untuk melindungi cedera kepala bila si pengendara mengalami kecelakaan motor.

helm full face cewek

Seperti yang sudah diketahui, bahwa helm motor itu terbagi menjadi 2 jenis. Helm half face dan helm full face. Dulu, orang menyebut helm full face dengan sebutan helm cakil.

Pada dasarnya, helm itu mempunyai masa pakai. Waktu masa layak pakai. Rata-rata, masa layak pakai helm adalah 3 tahun terhitung dari waktu helm tersebut dibuat. Selain itu, bila helm sudah mengalami beberapa kali benturan atau helm jatuh, maka bisa mengakibatkan struktur helm rusak. Bisa saja mengalami helm pecah. Kaca depan helm itu rawan pecah bila terjadi benturan.

Untuk itu, agar tetap nyaman dalam memakai helm full face dan tetap safety dalam berkendara, maka sebaiknya simak tips ringan cara merawat helm full face berikut ini.

  • Letakkan helm dalam kondisi yang aman. Maksudnya, bila helm ditaruh diparkiran maka kuncilah helm dengan tidak berdekatatan dengan kendaraan atau benda lain. Karena apabila pada saat mengunci helm kendaraan saling berhimpitan akan memungkinkan kaca helm atau bagian helm lainnya tergores dan akan menurunkan fungsi helm tersebut.
  • Saat meletakkan helm setelah dipakai, bukalah kaca helm agar sisa-sisa keringat yang terperangkap dan menempel pada bagian dalam helm dapat dinetralisir oleh sirkulasi udara yang ada sehingga akan meminimalisi bau yang disebabkan oleh keringat pengendara.
  • Usahakan agar helm tidak terkena air hujan secara langsung. Jika hal tersebut akan membuat helm menjadi basah dan akan menjadikan bagian helm bau.
  • Bersihkan helm dengan rutin minimal 3 bulan sekali dengan melakukan pembersihkan pada semua bagian helm. Lakukan cuci helm motor. Karena apabila helm tidak dicuci secara rutin maka akan membuat gatal kepala dan menimbulkan bau jika helm digunakan.

Merawat helm motor membutuhkan kebiasaan dan ketelatenan. Kadang kala, dalam kondisi tertentu para rider kurang memperhatikan dalam perawatan helm full face. Cara merawat helm ini memang simpel dan sepele, akan tetapi relatif agak sulit dilakukan dalam kesehariannya.

Tags: aksesoris motor info otomotif kamus otomotif motor touring safety riding tips otomotif

Related Post "Tips Ringan Cara Merawat Helm Full Face"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |
  1. Tips Cara Menghindari Helm Bau Tidak Sedap2 years agoReply

    […] tertular bau tidak sedap. Sebagai bahan masukan dalam merawat helm, sebaik simak artikel tentang Tips Ringan Cara Merawat Helm Full Face dan artikel terkait Simak Cara Membersihkan Dan Cuci Helm […]

Leave a reply "Tips Ringan Cara Merawat Helm Full Face"