Cara Menghilangkan Kerak Motor Untuk Tampil Kinclong

#CuciMotor #KerakMotor #MotorKinclong

Cara Menghilangkan Kerak Motor | Saat musim hujan tiba, sering kali motor yang ditumpangi jadi kotor akibat cipratan air kotoran jalanan. Ini sangat tidak enak dipandang mata. Selain itu, sering kali tanpa disadari sepeda motor yang melewati medan jalan yang berat sehingga noda kotoran di jalan menempel pada seluruh bodi motor.

sikat cuci kerak motor

Bagi rider yang malas mencuci motor atau malas bersih-bersih, hal ini dapat mengakibatkan noda yang sudah menempel sangat sulit untuk dibersihkan. Pada akhirnya noda kotoran ini akan menumpuk menjadi kerak motor.

Selain penyebab kerak motor yang berasal dari noda kotoran jalanan yang menempel, kerak motor juga bisa disebabkan oleh sisa oli yang sudah mengering atau jamur yang sudah mengendap lama. Cara membersihkan kerak motor ini tidak bisa dilakukan dengan cara biasa. Jadi harus menggunakan cara khusus untuk menghilangkan kerak motor.

Langkah-langkah cara menghilangkan kerak motor

  • Kerak mesin motor yang telah mengeras, di cuci menggunakan shampo khusus untuk mencuci motor. Saat membilas kerak mesin motor, gosoklah secara pelan-pelan menggunakan busa cuci motor tersebut. Penggunaan shampo cuci motor ini dapat melunakkan kerak motor.
  • Bila cara pertama kurang begitu dapat membersihkan kerak mesin motor, maka ulangi lagi langkah pertama. Akan tetapi pada cara kedua ini, ganti shampo motor dengan menggunakan sabun cuci piring. Contohnya menggunakan sunlight.
  • Cara lain dari penggunaan sabun adalah dengan menggunakan bahan kimia sodium cyclamate yang biasa disebut dengan nama biang gula. Bahan ini bisa dibeli di toko bahan makanan roti atau toko bahan kimia. Cara menggunakannya adalah, pertama siapkan seperempat bungkus sodium cyclamate yang dikombinasikan dengan air panas sedikit saja. Setelah itu tambahkan juga setengah sendok malan deterjen baru kemudian diaduk hingga larut. Selanjutnya, oleskan ramuan tadi ke bagian motor yang berkerak lalu tunggu selama beberapa menit. Selesaikan dengan bilasan air bersih baru kemudian dikeringkan sampai benar-benar kering.
  • Keempat. Ini cara ampuh akan tetapi perlu kehati-hatian dalam penggunaannya. Hal ini karena dapat merusak cat motor. Cara terakhir adalah dengan menggunakan obat pembersih keramik. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan obat pembersih keramik dengan air panas yang kemudian diaduk secara merata baru setelah itu dimasukkan ke dalam ember. Kemudian persiapkan sebuah sikat gigi untuk menjangkau kerak yang sempit atau celah-celah kecil pada motor yang sulit dijangkau. Setelah itu langsung gosok saja kerak membandel tersebut hingga terlihat bersih. Kemudian tunggu kira-kira 10 menit sampai bro melihat busa atau buih-buih putih. Setalah itu segera lalukan cuci motor dengan menggunakan shampo motor. Ulangi langkah cara keempat ini bila masih menemui noda kotoran kerak motor yang masih membandel menempel pada motor.

Tags: info otomotif kerak mesin mobil mencuci mobil oli mesin tips jalanan tips otomotif

Related Post "Cara Menghilangkan Kerak Motor Untuk Tampil Kinclong"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250

Leave a reply "Cara Menghilangkan Kerak Motor Untuk Tampil Kinclong"