Mesin Dicat, Jadi Cepat Panas Over Heating

#CatMesinMotor #CatMotorTahanPanas #AirBrushBlokMesin

Mesin Dicat, Jadi Cepat Panas Over Heating | Pengecatan pada mesin memang membuat tampilan lebih terlihat keren. Warna-warninya serasa tidak membosankan. Selain itu, Mesn dicat membuat bagian jantung motor menjadi nampak segar.

cat mesin motor

Namun perlu diingat , bahwa pengecatan menggunakan bahan yang asal akan membuat mesin cepat panas over heating. Lantas kenapa jadi cepat panas?

Jika motor tanpa menggunakan radiator, maka mesin tersebut mengandalkan sirip sebagai pembuang panas dibagian blok. Sirip (fin) dihitung berdasarkan mampu lepas panas bahan, luas sirip serta jumlah terpaan anginnya. Dikalkulasikan dengan jumlah panas yang dihasilkan oleh mesin. Umumnya power tambah besar, jumlah panas yang ditimbulkan juga pasti akan tinggi.

Dengan melapisi permukaan blok dengan cat, mesin dicat maka pori-pori material sirip pun akan tertutup. Padahal bagian itu merupakan salah satu faktor pelepas panas juga, terutama ketika dihembus udara atau saat motor melaju di jalanan.

Agak berbeda kasusnya jika mesin tersebut menggunakan radiator sebagai pendinginan. Tentunya pemukaan silinder dan head silinder tidak memiliki pengaruh apa-apa terhadap terpaan angin. Karena seluruh panas diserap oleh coolant dan dibuang melalui kisi-kisi radiator. Dengan syarat coolant harus bersirkulasi dengan baik dari mesin menuju radiator dan kembali ke mesin.

Bila mesin dicat, bisa saja ada solusi lain untuk mengatasi mesin cepat panas. Jika ingin tetap menampilkan bagian mesin lebih segar penampilannya, yakni dengan menambahkan oil coolant pada mesin yang masih berpendingin udara.

Kenapa demikian? Sebab setelah ditambahi oil cooler, oli yang bersirkulasi pada sirip-sirip oil cooler akan mempercepat penurunan suhu mesin. Oli tersebut menyerap panas dan membuangnya pada oil cooler. Sebab kini oil cooler yang medapat terpaan angin dan melepas panas mesin melalui perantara oli tersebut.

Walau demikian, proses pengecatan pada bagian silinder mesin motor dan head silinder alangkah baiknya tidak dilakukan. Hal ini untuk menghindari dari gejala mesin overheat.¬†Artikel “Mesin Dicat, Jadi Cepat Panas Over Heating” in bersumber dari Tabloid Oto Plus.

Tags: bengkel otomotif mesin motor modifikasi motor modifikasi otomotif oli mesin

Related Post "Mesin Dicat, Jadi Cepat Panas Over Heating"

Mungkin Ini Alasan Modifikasi Motor Yang Dilakukan Para Biker
#Modifikasi #Motor #Otomotif Modifikasi Motor | FYI,
Kenali Karakter Mesin Berpendingin Udara Dan Liquid Cooled
#Radiator #Mesin #Pendingin Karakter Mesin Berpendingin Udara
Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Velg Ban
#Modifikasi #VelgMobil #AfterMarket Yang Perlu Diperhatikan Sebelum

Leave a reply "Mesin Dicat, Jadi Cepat Panas Over Heating"