Cara Membersihkan Oil Cooler Satria F150

#OilCooler #OilCoolerSatriaFU #MembersihkanOilCooler

Cara Membersihkan Oil Cooler Satria F150 | Suzuki satria F150 mengusun spesifikasi mesin tinggi. Sebut saja sistem noken DOHC, 4 klep ukuran 22/19, kapasitas mesin 150 cc dan transmisi 6 kecepatan. Tipikalnya over bore dengan rod stroke ratio 1:21. Singkatnya motor ini lebih banyak bermain di putaran tinggi. Mesti didukung pendinginan maksimal, sayangnya Suzuki Satria F ini masih mengandalkan pendinginan udara dengan dibantu oleh pendinginan oli.

oil cooler

Oli selain berfungsi untuk melumasi mesin, juga membatu memindahkan panas mesin dengan cara dibuang radiasi panasnya ke udara lewat kisi-kisi oil cooler.

Kesalahan para pemilik motor Suzuki Satria F150 adalah sering mengabaikan waktu interval rutin penggantian oli sehingga membuat endapan residu dan gum di jalur oil cooler. Bukan hanya pelumasan yang terganggu, proses pendinginan turut menurun juga fungsinya. Ujung-ujungnya suara mesin kasar dan mesin mudah over heat.

Sebagai langkah pencegahan, biasakan lakukan kuras dan bersihkan saluran dalam oil cooler tiap 4-5 kali ganti oli. Cara membersihkan oil cooler Suzuki satria F150 pun cukup mudah.

Langkah pertama, kuras dulu oli mesin dengan membuka baut tutup pembuangan oli mesin. Lalu cabut unit oil cooler.

Kedua, masukkan bensin ke dalam selang secara merata keduanya hingga meluber. Tuang bensin yang bercampur kotoran ke bak penampung. Ulangi langkah ini berkali-kali hingga dirasa bersih.

Ketiga, bilah kisi-kisi cooler dibersihkan dengan kuas dari kotoran dan kerikil yang menyangkut. Sebagai langkah akhir, semprotkan angin kompresor pada sisi bagian dalam maupun luar oil cooler. Lalu pasang kembali dan ganti oil filter yang baru. Artikel “Cara Membersihkan Oil Cooler Satria F150” in bersumber dari Tabloid Oto Plus.

Tags: bengkel motor bengkel otomotif bengkel servis mesin motor oli mesin satria fu tips otomotif

Related Post "Cara Membersihkan Oil Cooler Satria F150"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |

Leave a reply "Cara Membersihkan Oil Cooler Satria F150"