Saat Musim Hujan Tiba, Jangan Malas Cuci Mobil

#CuciMobil #MerawatMobil #MobilKehujanan

Jangan Malas Cuci Mobil | Pada awal tahun biasanya ditandai dengan musim penghujan. Hampir setiap hari sebagian wilayah besar Indonesia diguyur hujan  dengan intesitas lebat. Contohnya di Yogyakarta yang sering diguyur hujan hingga sebagian jalan tergenang air hujan. Situasi ini mengharuskan pemilik kendaraan bersiaga dalam merawat mobil dari kerusakan.

mobil hujan banjir

Hal yang paling utama adalah bodi mobil, karena bagian bodi mobil adalah sektor terluar dan yang paling sering terkena guyuran hujan. Jika tidak telaten membersihkan, maka kandungan air hujan bisa merusak bodi dan cat mobil secara perlahan.

Kondisi mobil seharian bersimbah guyuran air hujan masih lebih baik ketimbang cuaca bergantian antara hujan dan panas. Pasalnya, jamur mobil justru muncul ketika mobil terkena panas sinar matahari sehabis kehujanan dan mobil tidak dibersihkan. Jamur mobil timbul dari bekas bercak air yang menempel kemudian mengering di bodi cat mobil atau kaca mobil.

Faktanya, hampir sebagian besar air hujan mengandung pasir, debu dan kotoran. Kalau air hujan mengguyur mobil dan sudah sampai ada bercak di mobil, maka bisa makin susah dihilangkan.

Namun, cara untuk mencegah bercak mobil dan menghilangkan kotoran pada bodi mobil itu cukup mudah. Hanya perlu di cuci dengan air bersih dan keringkan dengan plas chamois setiap kehujanan. Cara ini relatif minim biaya. Namun, jika merasa malas mencuci mobil sendiri, maka cukup kunjungi tempat pencucian mobil. Saat ini juga sudah banyak cuci mobil hidrolik otomatis buka 24 jam.

Selain bodi, masalah jamur juga mengancam kaca mobil. Jika kaca mobil terkena air hujan, jamur cepat sekali timbul. Selain itu juga akan timbul korosi atau karat di pinggiran kaca film mobil. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bila mobil habis terkena air hujan, langsung dibersihkan.

Untuk itu, pemilihan kaca film mobil yang tepat saat musim hujan juga perlu dilakukan. Kaca film dengan teknologi two way vision bisa membantu visual pengemudi saat berkendara dikala hujan atau malam ini. Beberapa bengkel variasi mobil, merekomendasikan jenis kaca film dengan teknologi ini.

Tags: jamur mobil mencuci mobil merawat mobil mobil kehujanan tips jalanan tips otomotif

Related Post "Saat Musim Hujan Tiba, Jangan Malas Cuci Mobil"

Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan

Leave a reply "Saat Musim Hujan Tiba, Jangan Malas Cuci Mobil"