Otak-Atik Membuat Voltmeter Amperemeter Aki Motor

adsense-fallback

#ChargeAccuMotor #Voltmeter #Amperemeter

Membuat Voltmeter | Voltmeter dan amperemeter adalah piranti instrument utama dalam pekerjaan kelistrikan dan elektronik. Kebanyakan voltmeter dan amperemeter yang dijual dipasaran berasal dari import.

adsense-fallback

Sebenarnya, dengan sedikit pengetahuan elektronika yang cukup, sudah dapat membuat voltmeter dan amperemeter yang handal dan murah. Komponen utamanya yaitu amperemeter arus kecil (mili amperemeter atau mikro amperemeter).

Untuk memudahkan, bisa memakai VU meter jarum. Cukup dengan satu panel VU meter dapat dipakai bergantian untuk mengukur tegangan listrik dan arus llistrik. Cara memeindah fungsi pengukurannya menggunakan saklar tukar geser 6 kaki. Saklar tukar geser ini tersusun dari dua buah saklar tukar yang disatukan bersebelahan.

Komponen lain yang diperlukan adalah resistor 0,1Ω/5watt dua buah dipasang pararel. Dengan dua buah resistor 0,1Ω/5watt dapat mengukur arus DC sampai 5A. Angka 3 hitam menunjukan besar arus 3A. Angka 5 hitam menunjukan besar arus 2A. Menunjukkan besar arus 1A jika alat ukur di posisi mengukur tegangan listrik DC. Dengan tahanan muka resistor 47KΩ, jarum akan menunjukkan angka 100% pada tegangan 12VDC. Semakin besar tahanan resistor, maka semakin tinggi kemampuan VU meter mengukur tegangan. Sebaliknya, semakin kecil tahanan muka jarum VU meter, maka semakin besar simpangannya. Toleransi 10%.

Rangkaian membuat voltmeter amperemeter sendiri ini bisa dipadu-padankan dengan alat ukur dalam proses pengecasan aki 12V pada pengisian aki motor. Voltmeter menunjukan angka 0 merah berangsur jarum bergerak menyimpang ke angka 1 merah berarti aki penuh. Jika diperlikan, alat ukur ini dapat disatukan dengan box changer aki motor.

adsense-fallback