Sistem Pendingin Mesin Dan Baterai Mobil Listrik

#MobilListrik #SistemPendinginMobilListrik

Baterai Mobil Listrik | Perlu diketahui bahwa, mobil listrik butuh sistem pendingin yang lebih canggih dibandingkan dengan mesin bensin atau diesel. Memang tidak ada proses pembakaran, namun panas yang ditimbulkan baterai mobil listrik bisa memperpendek usia baterai itu sendiri.

sistem baterai mobil listrik

Seperti halnya bila menggunakan handphone atau gadget. Ketika digunakan dalam waktu cukup lama, bagian belakang gadget tersebut panas. Hal serupa juga sama terjadi pada mobil listrik yang mengandalkan baterai sebagai sumber energinya.

Problem masalah baterai mobil listrik ini merupakan kendala utama. Terutama suhu baterai yang muncul akibat suhu lingkungan dan penggunaan baterai mobil listrik itu sendiri. Baterai mobil listrik yang merupakan komponen vital.

Baterai  mobil listrik harus bekerja pada suhu yang telah ditentukan agar bisa memberikan energi kepada motor listrik secara optimal. Tepatnya, baterai tidak boleh terlalu dingin atau sebaliknya kepanasan.

Massa umur pakai baterai mobil listrik  hanya berkisar 8 tahun atau 160.000 km. Untuk bisa performa baterai tetap optimal maka harus menyesuaikan suhu kerja baterai tersebut. Setiap baterai mempunyai suhu kerja tersendiri agar bisa menghasilkan energi yang optimal. Begitu juga dengan kapasitas menyimpan energi dan massa pakai baterai. Kalau terlalau dingin, baterai susah melepaskan energi. Bila terlalu panas, umur pakainya jadi pendek.

Contohnya pada baterai mobil listrik Chevrolet Volt, terdiri dari 288 sel dalam kemasan dengan bentuk  huruf “T”. Kemasan ini, selain terdiri dari sel, juga dikelompokkan lagi menjadi 9 modul. Selanjutnya, paket baterai itu ditempat dalam rangka plastik. Nah, di antara celah sel terdapat pula pendingin berupa sirip dari aluminium.

Rancangan dan konstruksi pelat aluminium tersebut sangat vital. Inilah komponen pertama yang melepaskan dari sel baterai atau mendistribusikan ke bagian lain.

Seluruh unit baterai yang berukuran besar dilengkapi pula dengan sirkuit pendingin sendiri. Fungsinya sama dengan sama dengan pendingin mesin bensin atau diesel namun sistem kerjanya berbeda.

Penggunaan sirip pendingin yang terdiri dua pelat alminium yang disambung dengan nikel-perunggu. Alurnya dirancang secara cermat dan dipasang pada pelat berbentuk alur agar pendingin bisa mengalir dengan lancar. Aliran pendinginan ini mendinginkan seluruh opermukaan sel baterai.

Untuk mengkontrol sistem pendingin mesin dan baterai mobil listrik, digunakan  16 sensor panas (thermal). Kendali sensor panas mobil listrik ini hanya membolehkan suhu hanya naik 2 derajat dari yang telah ditentukan.

Tags: accu mobil mobil listrik mobil terbaik mobil terbaru

Related Post "Sistem Pendingin Mesin Dan Baterai Mobil Listrik"

Exterior Mitsubishi Pajero Sport 2016
#Mitsubishi #Pajero #Otomotif Mitsubishi Pajero Sport 2016 |
Interior Mitsubishi Pajero Sport 2016
#Mitsubishi #Pajero #SUV Mitsubishi Pajero Sport 2016 |
Pilihan Tipe Varian Daihatsu Sigra Beserta Harga dan Warna
#Daihatsu #Sigra #LCGC #Harga Tipe Varian Daihatsu
Pilihan Tipe Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra
#Daihatsu #Sigra #LCGC #Engine Spesifikasi Mesin Daihatsu
  1. Green Car Mobil Listrik Kapasitor Li-Ion2 years agoReply

    […] tempuh mobil listrik dengan tenaga kapasitor Li-Ion ini hanya mampu menempuh 5 km. Walaupun hanya berjarak pendek, waktu […]

Leave a reply "Sistem Pendingin Mesin Dan Baterai Mobil Listrik"