Cara Kuras Radiator Honda Vario

#HondaVario #RadiatorVario #PendinginMesin

Radiator Honda Vario | Motor matic Honda Vario menggunakan sistem pendingin cairan atau radiator. Honda Vario memiliki keunggulan ketahanan mesin terhadap panas mesin. Radiator Honda Vario mampu menjaga suhu mesin walau saat terjebak macet atau dalam cuaca panas sekalipun.

radiator honda vario

Untuk menjaga keawetan mesin tetap handal, maka kondisi radiator motor harus tetap dalam keadaan baik. Pada dasarnya perawatan radiator adalah sangat mudah. Salah satu cara merawat radiator adalah dengan menguras air radiator setiap 24.000 km pemakaian. Cara kuras air radiator Honda Vario bisa dilakukan sendiri, tidak perlu pergi ke bangkel.

Perlu diketahui, sebelum memulai membersihkan atau menguras radiator Honda Vario, pastikan dulu kondisi mesin dalam keadaan dingin. Karena, jika membuka radiator dalam kondisi mesin panas maka ada kemungkinan cairan radiator tersebut akan muncrat. Berikut langkah-langkah untuk menguras radiator Honda Vario.

Pertama, buka cover radiator dan setelah itu buka baut pembuangan coolant di bagian bawah. Selanjutnya buka juga tutup intake radiator.

Kedua, letakan wadah penampung air radiator yang dibuang. Ketika baut pembuangan sudah terbuka dibarengi dengan membuka tutup radiator.

Ketiga, setelah air radiator telah terkuras, tutup kembali lubang pembuangan. Kemudian masukan air ke lubang radiator dengan memakai selang sembari mesin motor dinyalakan. Sambil mengalirkan air, hidupkan mesin motor sekitar 10 menit agar air berputar ke seluruh bagian radiator. Ini berfungsi mengangkat kotoran yang tertinggal dalam radiator.

Keempat, setelah 10 menit, buang air radiator lagi. Kuras air radiator lagi seperti pada langkag pertama dan kedua. Setelah itu tutup baut pembuangan coolant di bagian bawah. Barulah isi radiator dengan coolant. Sebaiknya pakai coolant Honda, jangan air karena bisa mengakibatkan korosi di mesin. Coolant yang direkomendasi pabrikan memiliki zar antikorosi.

Kelima, setelah diisi coolant radiator, cek volume coolant radiator Honda Vario dengan cara menghidupkan mesin sekitar 10 menit. Jika volume coolant radiator menurun, isi lagi dengan cairan coolant radiator hingga penuh. Jika tidak turun, berarti sudah mengisi ke mesin.

Keenam, isi tabung cadangan (reservoir) coolant radiator melalui lubang yang terdapat di bawah jok.

Cara kuras radiator Honda Vario bisa mengacu pada langkah-langkah diatas. Cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Tags: bengkel servis mesin motor review motor tips otomotif

Related Post "Cara Kuras Radiator Honda Vario"

Wiring Diagram Kelistrikan Yamaha Vixion
#Yamaha #Vixion #DiagramKelistrikan Kelistrikan Yamaha Vixion |
Motor Matic Terbaru Yamaha Aerox 155 2016
#Yamaha #Aerox155 #MotorMatic Yamaha Aerox 155 |
Ini Dia Spesifikasi Dan Harga Honda BeAT eSP 2016
#Honda #WeLoveHonda #NewMatic Honda BeAT eSP 2016

Leave a reply "Cara Kuras Radiator Honda Vario"