Cara Memilih CDI Motor Terbaik Dan Bisa Custom

#CDIMotor #CDIRacing #CDICustom

Memilih CDI Motor Terbaik | CDI motor merupakan komponen yang jarang rusak. Selain itu, CDI motor juga merupakan komponen yang sangat penting dalam menentukan performa makasimal mesin motor.

CDI motor programmable

CDI motor tidak bisa diperbaiki, hanya bisa di ganti. Akan tetapi, pada dasarnya membuat CDI motor bisa dilakukan sendiri di rumah. CDI motor merupakan rangkaian elektronika. Untuk membuat CDI motor sendiri, sebaiknya baca ulasan tentang cara membuat CDI Motor Racing Custom.

CDI motor berfungsi untuk mengatur pengapian atau percikan api pada busi motor. CDI motor juga mengatur timing pengapian tersebut.

Bila mencoba beberapa CDI dan membandingkan hasilnya, memang ada peningkatan tenaga yang dihasilkan, ini merupakan efek dari waktu pengapian yang bisa dimajukan beberapa derajat dibandingkan standarnya. Dengan berubahnya waktu pengapian, kurva powerband pun berubah. Misal putaran tengah dan atas kurvanya meningkat, dibanding CDI standar yang memang menghasilkan kurva pengapian dengan bentuk ‘rata’ alias peningkatannya tidak terlalu melonjak di putaran mesin tertentu.

Dari beberapa CDI motor, ada yang menampilkan fitur programmable dan fixed. Programmable, memungkinkan mekanik ‘memainkan’ waktu pengapian yang diinginkan. Seperti pada BRT i-Max. Bisa diatur dalam 24 step. Adanya setelan ini, tiap beberapa putaran mesin kurva pengapiannya bisa diatur. Memang, aplikasi ini sangat berguna ketika tunggangan dipakai pada ajang balap, yang mementingkan power pada tiap putaran tertentu.

Contoh CDI motor yang fixed alias tidak bisa diubah-ubah waktu pengapiannya adalah merk Varro atau Andrion XP. Selain Andrion dan Varro, CDI motor BRT juga membuat CDI fixed alias dengan kurva tetap, yaitu hyperband. Ada juga yang menyediakan fitur 2 kurva, yaitu BRT dualband. BRT hyperband dijual Rp 410 ribu, lantas dualband 460 ribu, sedangkan I-max Rp 1,1 juta. Sementara Andrion XP dijual beragam. Harganya berkisar Rp 750 ribu hingga Rp 1,45 juta. Sementara Varro di pasaran berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

Jadi, untuk menaikkan tenaga dan kurva pengapian dengan instan, tinggal mencari CDI PNP ini saja. Bila dengan harga segitu terasa mahal, maka membuat CDI sendiri saja. Di beberapa sumber teori otomotif, telah beredar banyak sekali rangkaian CDI motor yang bisa di custom.

Tags: CDI motor elektronika CDI sistem kelistrikan motor tips otomotif

Related Post "Cara Memilih CDI Motor Terbaik Dan Bisa Custom"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |

Leave a reply "Cara Memilih CDI Motor Terbaik Dan Bisa Custom"