Kerusakan Kopling Motor Yang Perlu Diketahui

#KoplingMotor #SlipKopling #CluntchEngine

Kerusakan Kopling Motor | Performa mesin motor akan menurun seiring dengan bertambahnya umur masa kelayakan. Salah satu penyebab performa tenaga mesin yang sudah tidak responsif lagi adalah kondisi cluntch atau kopling yang mulai habis atau aus.

kopling motor selip

Oleh karena itu, kondisi komponen kopling sebuah kendaraan memang wajib untuk diperhatikan dengan baik agar performanya tetap terjaga. Dalam menjaga performa mesin, minimal paham terhadap kerusakan kopling motor yang perlu diketahui.

Fungsi clutch atau kopling adalah untuk menstransfer plus menghentikan sementara tenaga mesin ke roda melalui transmisi. Perlu diketahui juga bahwa pada mesin motor ada jenis kopling basah dan kopling kering. Pada motor beber  memakai kopling centrifugal multi plate (basah), di motor matic memakai sentrifugal (kering) dan motor sport kopling multi plate (basah). Meski beda di tiap tipe motor ada kopling basah dan kopling kering, akan tetapi cara perawatannya tetap sama.

Setengah kopling, biasa dilakukan kopling manual dan matic. Hal yang selalu diabaikan pengguna motor saat kondisi macet. Ketika setengah kopling, kampas (paper base) dan pelat (steel base) tetap bergesekan. Ini bikin permukaan kampas jadi cepat aus terkikis.

Part paling rawan rusak adalah mangkok drum kampas kopling sentrifugal. Kampas tipis akan menyebabkan banyak friksi hingga terjadi panas berlebih. Mangkuk pulley mudah oglak atau tergerus. Ini akibat pengendara sering panteng gas meski pun dalam kondisi ngerem.

Karet damper kopling, ada di ujung kampas kopling sentrifugal dan berfungsi menahan getaran dan menjaga kestabilan kampas saat terbuka dan menutup. Jika karet rusak akibat tidak kuat menahan panas, kinerja kopling jadi tak normal.

Kalau sudah tahu permasalahan tentang kopling motor, sebaiknya jangan sering bermainan dengan kopling motor. Jangan terlalu sering melakukan setengah kopling. Bila ingin memilih kampas kopling motor terbaik, sebaiknya pilih yang berbahan rockwoll.

Tags: bengkel motor cara deteksi kampas kopling aus habis gejala kampas kopling aus habis penyebab kampas kopling cepat aus habis

Related Post "Kerusakan Kopling Motor Yang Perlu Diketahui"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
  1. author

    Jandreas1 year agoReply

    Mas,kemarin kan saya minjemin motor ke temen saya,nah dia gaterbiasa dengan kopling motor saya,hampir 10x motor saya kopling nya loncat membuat mesin langsung mati,kalau begitu bikin rusak mesin gak mas?

    • author

      apritos (Author)1 year agoReply

      Secara teknis, kalau cuma 10 kali saya rasa tidak jadi masalah.

Leave a reply "Kerusakan Kopling Motor Yang Perlu Diketahui"