Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Bunyi

#SatriaFU #MesinSatriaFU #TimingChain

Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Bunyi | Rantai keteng atau rantai kamprat atau sering di sebut juga sebagai timing chain. Rantai keteng berguna untuk menggerakkan chamshaft di cylinder head seterlah menerima putaran dari crankshaft.

timing chain rantai kamprat

Rantai keteng atau rantai kamprat, sering mengalami berbagai masalah. Dari masalah rantai yang sudah kendur hingga masalah rantai kamprat yang mengeluarkan suara berisik.

Sebagai contoh sepeda motor yang sering mengalami masalah rantai keteng berisik adalah Satria Fu. Kalau rantai kamprat bersuara berisik, tentu ini akan mengurangi performa kerja mesin. Untuk mengatasi masalah rantai keteng Suzuki Satria FU yang bersuara, ada baiknya simak ulasan artikel tips dan cara mengatasi, mencegah, memperbaiki rantai keteng Suzuki Satria Fu berisik.

Sebelumnya, perlu diketahu bahwa chamshaft (noken as) berfungsi untuk mengatur beberapa klep di mesin. Klep tersebut terdiri dari klep untuk gas masuk maupun yang keluar ke ruang bakar mesin. Sehingga bila rantai keteng rusak maka proses buka tutup klep juga tidak sempurna, dan pembakaran juga tidak bakal berjalan sempurna.

Rantai keteng atau rantai kamprat Satria FU yang sudah berumur lima tahun akan mengalami keausan. Selain itu, beberapa perlakuan yang salah terhadap motor juga dapat memicu terjadinya kerusakan tersebut.

Beberapa perlakuan salah terhadap mesin motor antara lain; suhu mesin yang kerap panas melebihi standar, putaran mesin yang tinggi karena motor sering dipacu untuk balap, dan keterlambatan penggantian oli. Bila hal itu terjadi maka rantai akan melar dan kendur, akibatnya menimbulkan suara berisik. Bahkan dalam kondisi ekstrem putus atau rontok.

Untuk mengetahui bahwa masalah suara berisik dari mesin motor Satria Fu tersebut benar-benar dari rantai keteng atau rantai kamprat, caranya cukup mudah. Pertama, panasi mesin motor pada pagi hari dan dengarkan apakah ada suara-suara berisik seperti tek, tek, tek… Kedua, apabila suara tersebut dalam waktu 10-15 menit telah hilang berarti proses pelumasan oli yang bermasalah. Artinya kualitas oli telah jelek, sehingga harus diganti.

Namun, jika ternyata lebih dari 15 menit suara belum hilang berarti rantai atau tensionernya yang bermasalah. Kalau rantai keteng atau rantau kamprat sudah kendor, maka bisa di atasi dengan menyetel ulang tensionernya. Bila penyetelan tensioner sudah mentok, maka rantai keteng atau rantai kamprat harus ganti baru.

Maka dari itu, sebaiknya perlu perhatikan cara untuk mencegah permasalahan suara rantai keteng Satria FU ini. Cara mencegahnya adalah dengan melakukan penggantian oli secara teratur  dan jangan mengangkut beban berat yang melebihi kapasitas yang ditoleransi pabrikan. Selain itu gunakan teknik mengendara yang baik dan benar pada jalanan yang menanjak.

Tags: bengkel motor bengkel otomotif satria fu sparepart motor

Related Post "Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Bunyi"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
  1. Penyakit Suzuki Satria FU 150 dan Cara Mengatasinya2 years agoReply

    […] mesin suara berisik, umumnya dari rantai kamprat kendur. Tapi kalau bukan dari rantai kamprat, coba cek kondisi tensionernya. Apakah masih bisa menegangkan […]

  2. author

    putramulidan7 months agoReply

    Saya punya motor satria fu sudah ganti rante kecil dan stang seher baru kok masih berisik

Leave a reply "Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Bunyi"