Tips Jitu Cara Memilih Kredit Mobil

#KreditMobil #BeliMobil #TipsOtomotif

Kredit Mobil | Banyak orang untuk lebih suka membeli mobil dengan cara kredit. Walaupun bisa di bayar kontan cash lunas, akan tetapi tawaran keuntungan membeli mobil secara kredit lebih menggiurkan.

memilih kredit mobil

Banyak perusahaan kredit otomotif yang bersedia memberikan kredit mobil. Mereka layak berlomba-lomba untuk mendapatkan nasabah kredit otomotif dengan berbagai fitur keuntungan kredit yang ditawarkan.

Akan tetapi, untuk memilih perusahaan pembiayaan kredit otomotif, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Cermati dulu fitur yang di berikan. Perhatikan setiap detail variabel yang di berikan. Bagi yang masih bingung untuk memilih perusahaan pembiayaan kredit mobil, maka sebaiknya perhatikan tips jitu cara memilih kredit mobil berikut ini;

Suku bunga tetap atau suku bunga mengambang

Suku bunga pada dasarnya mendefinisikan kredit. Kebanyakan perusahaan pembiayaan di Indonesia, baik itu lembaga intermediasi seperti bank, atau perusahaan pembiayaan murni, menawarkan suku bunga tetap dalam pembiayaan pembelian mobil. Tapi ada juga yang namanya suku bunga mengambang.

Contoh umum kredit mobil ber-suku bunga tetap misalnya 6,25% per tahun selama masa kredit 3 tahun. Ini berarti debitur harus membayar bunga sebesar 6,25% per tahun atas pokok pinjaman setelah dikurangi uang muka.

Suku bunga mengambang. Seperti namanya, suku bunga tersebut mengambang, utamanya relatif terhadap perubahan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang ditentukan oleh bank sentral kita, Bank Indonesia. Suku bunga kredit mobil jenis ini dapat berfluktuasi. Sedikit ketidakpastian yang bisa menguntungkan, tapi juga bisa merugikan.

Balloon installments payments

Ada juga yang namanya balloon installments/ payments. Balloon installments dapat dijelaskan sebagai skema kredit dimana sang debitur akan membayar cicilan yang sebagian besar tediri dari pokok pinjaman pada akhir-akhir masa kredit. Cicilan pada masa-masa awal kredit itu sendiri sebagian besar akan terdiri dari bunga dengan hanya sejumlah kecil yang merupakan bagian dari pokok pinjaman. Serta, cicilan yang harus dibayarkan pada periode-periode akhir masa kredit biasanya akan lebih besar. Oleh karena itu, skema kredit semacam ini akan lebih menguntungkan mereka yang ingin kredit mobil dengan sumber pendapatan tidak tetap atau musiman.

Proses Kredit

Perusahaan pembiayaan yang baik akan berusaha melindungi hak-hak calon debiturnya sama baiknya dengan usaha yang dicurahkan untuk melindungi dirinya dari kerugian atau potensinya. Pilih perusahaan pembiayaan kredit mobil yang memiliki prosedur pengajuan kredit mobil yang logis, keterbukaan dalam menjawab pertanyaan, dan kesesuaian antara apa yang disebut dalam promosi iklan dan apa yang terungkap pada proses tanya-jawab lebih dalam. Jadi, pastikan Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis.

Asuransi kendaraan

Pada saat mengambil kredit mobil, lazimnya juga akan mengenal asuransi mobil yang menyertainya. Untuk hal ini, ada 2 jenis asuransi kendaraan yang umumnya ditawarkan, All Risk dan Total Loss Only (TLO). Yang terakhir hanya melindungi kehilangan kendaraan terkait curanmor dengan masa perlindungan sampai dengan 12 tahun. Sementara untuk All Risk, cakupannya lebih luas lagi. Kendaraan juga akan dilindungi dari resiko kecelakaan, huru-hara dan bencana alam.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih perusahaan pembiayaan kredit mobil adalah bahwa masing-masing jenis suku bunga memberikan manfaat tertentu kepada konsumen. Jadi, tergantung pada setiap individu konsumen untuk memilih satu yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi mereka.

Namun sebagai pedoman umum, apabila pendapatan Anda teratur dan tetap, kredit mobil ber-suku bunga tetap adalah pilihan yang lebih baik.

Suku bunga mengambang adalah juga sebuah pilihan. Tapi harap mempertimbangkan bahwa suku bunga bisa turun, tapi bisa juga naik, dan konsumen bisa saja jadi harus membayar lebih banyak.

Apabila pendapatan Anda musiman, baik dalam waktu atau jumlah, balloon installments memberikan keleluasaan lebih bagi Anda dalam mengelola pembayaran.

Kesimpulannya, memang masuk akal untuk mengambil kredit mobil dengan bunga terendah. Akan tetapi, reputasi perusahaan dan proses pengajuan, persetujuan serta tahap-tahap berikutnya yang harus dilalui juga harus dipertimbangkan.

Tags: asuransi mobil kredit mobil

Related Post "Tips Jitu Cara Memilih Kredit Mobil"

Pentingkah Untuk Ikut Daftar Asuransi Mobil ?
#AsuransiMobil #AlasanAsuransi #KlaimAsuransi Pentingkah Untuk Ikut Daftar
Hindari Penyesalan Salah Pilih Membeli Mobil
#BeliMobil #MemilihMobil #TipsOtomotif Membeli Mobil | Bagi
Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik
#AsuransiMobil #PremiAsuransi #TipsOtomotif Memilih Asuransi Mobil Terbaik
Tips Hemat Cara Milih Kredit Mobil Baru
#CaraMilihKreditMobil #TipsBeliMobilBaru #PromosiDealer Cara Milih Kredit Mobil

Leave a reply "Tips Jitu Cara Memilih Kredit Mobil"