Ketahui Kapan Waktunya Butuh Spooring Ban Mobil

#SpooringMobil #SpooringBalancing #SafetyCar

Spooring Ban Mobil | Kondisi kemudi atau steer mobil sangat tergantung pada penyetelan roda-roda, baik roda depan atau pun roda belakang (wheel alignment). Spooring mobil adalah menyelaraskan antara roda kanan dan kiri. Keseimbangan dan keselarasan antara ban mobil sangat besar pengaruhnya terhadap kenyamanan berkendara. Ini memberikan manfaat kesetabilan pada saat mobil melaju pada kecepatan tinggi.

spooring mobil

Pemakaian mobil setelah jangka waktu tertentu, akan mengakibatkan perubahan kondisi komponen roda ban depan dan belakang. Perlu perawatan secara  rutin agar kondisi ban dan komponen steering lebih tahan lama demi kestabilan dan nyaman mengemudi.

Spooring mobil yang baik akan mengurangi konsumsi bahan bakar perkilometer jarak tempuh dan mengurangi sampah debu karet ban yang aus di udara. Jangka waktu pemeliharaan spooring adalah sekitar setiap 15.000 km atau 12 sampai dengan 24 bulan sekali tergantung jarak tempuh dan kondisi jalan yang dilewati sehari-harinya.

Sebagai contoh bila data spooring mobil terdapat penyimpangan, misalnya menyimpang 3 mm dari spesifikasi, maka akan mengakibatkan ban terseret kearah samping sejauh 28 meter setiap 1 mil (1.60934 km) jarak tempuh.  Apabila hal ini terjadi, mobil harus diperiksa dan di cek  bila terdapat kesalahan penyetelan atau perlu disetel ulang atau ada yang sudah waktunya ada komponen yang harus diganti.

Roda ban mobil yang berputar diatas aspal dan gerakannya terseret akan mengakibatkan telapak ban menjadi cepat aus (kembang ban cepat habis atau ban gundul ).

Beberapa pertimbangan untuk mengetahui kapan waktunya butuh spooring ban mobil yaitu;

  • Disaat membeli satu set ban baru. Saat penggantian ban baru, sebaiknya dilakukan spooring mobil. Walaupun ban baru dari pabrikan sudah dispooring, alangkah baiknya penyesuaian dengan ban baru spooring tetap diperlukan agar setelan yang maksimal untuk tipe dan jenis ban yang digunakan.
  • Saat menyetir mobil terasa kurang stabil atau setelah dilakukan perbaikan sistem kemudi. Spooring diperlukan untuk tujuan diagnosa/ pemeriksaan. Pekerjaan spooring ini menjadi penting untuk melakukan pengecekan keselarasan awal dari suspensi dan sambungan-sambungan kemudi. Hal ini diperlukan untuk menentukan kelayakan tiap bagian komponennya apakah masih layak dipakai, rusak atau salah pasang atau kurang tepat dalam pemasangannya. Bagian komponen yang aus atau rusak harus diganti sebelum roda dapat disesuaikan.
  • Setelah servis atau penggantian komponen suspensi. Pada kebanyakan mobil dengan MacPherson struts. Roda depan harus di spooring jika struts diganti. Spooring juga diperlukan jika batang tie, tie end tie-rod, lengan idler, tie rods, tie rod ends, idler arm, steering links, control arms or control arm bushings, steering knuckle or steering rack telah selesai
  • Manfaat  data spooring mobil yang benar adalah pengendalian mobil yang stabil dan traksi ban yang optimal. Menjaga tapak ban dalam kontak penuh dengan jalan akan mehasilkan rasa kenyaman dan meningkatkan keamanan dalam mengendarai sebuah mobil.

Ban yang menapak dengan posisi miring pada jalan akan mengurangi traksi atau cekraman ban pada permukaan jalan sehingga berbahaya saat menikung, berpengaruh pada pengereman serta mempercepat keausan telapak ban. Ketidak samaan data kemiringan ban dan sumbu putar kemudi antara roda kanan dan kiri bisa mengakibatkan mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu saat melaju di jalan yang lurus.

Spooring adalah pekerjaan penyetelan posisi roda-roda mobil yang meliputi: chamber, caster, toe angle (toe-in/toe-out), dan turning radius. Penyetelan ban mobil ini, biasanya menjadi satu paket dengan pengerjaan spooring balancing mobil.

Fungsi spooring ban mobil;

Menjaga stabilitas sistem kemudi mobil meliputi: kemudi yang ringan, menghasilkan gaya putar kembali setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri ketika mengemudi di jalan lurus walaupun steer sesaat dilepaskan. Selain itu, perawatan spooring yang rutin akan mengurangi keausan pada komponen-komponen ball-joint dan keausan telapak ban sehingga umur pemakai ban menjadi panjang (awet).

Persyaratan untuk mendapatkan hasil data spooring ban mobil yang akurat adalah komponen kaki-kaki mobil (system suspensi) dan sistem kemudi  mobil harus dalam kondisi yang baik dan tidak ada kekocakan atau kerusakan atau keausan.

Tags: ban mobil ban motor spooring balancing tips otomotif

Related Post "Ketahui Kapan Waktunya Butuh Spooring Ban Mobil"

Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan

Leave a reply "Ketahui Kapan Waktunya Butuh Spooring Ban Mobil"