Melakukan Pengecekan Balancing Ban Roda

#ClipOnVelg #GetaranMobil #BobotBalance

Pengecekan Balancing Ban Roda | Pelaksanaan pekerjaan balance roda dilakukan dengan mesin balancing. Mesin akan memutarkan roda secara otomatis dan menghitung berapa besarnya bobot yang dibutuhkan dan lokasi atau posisi penempelan bobot penyeimbangnya pada roda tersebut.

tanda pemasangan ban dan velg

Mengapa setelah balance roda, getaran mobil tetap ada

Perlu diketahui, bahwa getaran pada mobil ada banyak sumbernya. Walaupun roda sudah dibalance dengan baik, getaran mobil bisa saja masih muncul atau terjadi. Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab timbulnya getaran tersebut :

  • Ban atau velg yang oglak berlebihan ketika berputar
  • Kesalahan atau ketidak tepatan pemasangan roda-roda pada poros
  • Kelenturan dinding ban yang tidak konsisten
  • Terdapat kerusakan komponen sistem rem
  • Keausan atau kerusakan komponen transmisi mobil.
  • Keausan atau kerusakan komponen suspensi
  • Kerusakan atau keausan bearing roda
  • Data spooring kendaraan yang tidak tepat

Diperlukan pekerjaan pengecekan lanjutan jika maintenance balancing roda tidak atau belum mengatasi masalah getaran mobil. Misalnya dicek spooringnya, komponen sistem suspensi dan bearing.

Cara balance ban dan velg roda high performance

Ketepatan tanda pemasangan ban dan  velg. Ban dan velg  performa di desain dengan fitur yang memudahkan pemasangan tepat. Pada ban dan velg terdapat tanda untuk mengidentifikasi tempat pemasangan yang tepat guna meminimumkan gejala radial run-out spot. Dengan mencocokkan tanda pemasangan pada velg dan ban akan meminimalkan kebutuhan bobot balance yang akan dipasang. Tanda ini berupa bulatan dengan warna pada bagian dinding ban (biasanya berupa bulatan kecil warna kuning, biru atau merah). Tanda tersebut diposisikan dekat cop pentil pada saat pemasangan ban pada velgnya.

Variasi kekuatan pikul dinding ban. Pada suatu produksi masal ban tidak menutup kemungkinan terjadi variasi atau inkonsistensi pada kekuatan pikul atau kekakuan bagian dinding ban yang akan memberikan masalah pada pengendaraan (menciptakan apa yang disebut gaya varians). Mesin balancing generasi baru dapat mendeteksi gejala ini dan sekaligus menganalisa kebutuhan dan posisi peletakan bobot balance yang tepat dalam upaya untuk menghilangkan gejala tersebut diatas. Jika roda tidak bisa dibalancing dengan tepat dapat direkomendasikan untuk penggantian ban atau velgnya.

Penempatan dan pemasangan bobot balance yang tepat. Beberapa model atau desain velg saat ini memerlukan tambahan perhatian. Terutama untuk tempat memasangkan bobot balance sehubungan pertimbangan estetika dan hasil balancing yang tepat.

Pemasangan bobot balance pada velg standar dilakukan dengan bobot clip on. Cara ini dilakukan juga pada velg baja atau velg bawaan mobil. Berbagai variasi dan bentuk dan ukuran bobot dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis atau bentuk velgnya.

Pemasangan bobot balance yaitu bobot  clip on dan bobot tempel ditempatkan sedemikian rupa dibalik jari-jari velg .

Penggunaan perekat bobot balance disediakan untuk krom atau roda lainnya dengan finishing halus. Cara penempatan bobot balance yang khusus yaitu dibalik rim velg bagian tengah dalam upaya memperoleh kondisi roda yang balance.

Tags: balancing roda ban mobil ban motor bobot balance ban clip on balance kamus otomotif

Related Post "Melakukan Pengecekan Balancing Ban Roda"

Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |
Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Velg Ban
#Modifikasi #VelgMobil #AfterMarket Yang Perlu Diperhatikan Sebelum
Kenali Cara Kerja CVT Matic
#Matic #CVT #Otomotif CVT Matic | CVT

Leave a reply "Melakukan Pengecekan Balancing Ban Roda"