Ketahui Mengapa Perlu Balancing Roda Mobil

#BalancingMobil #CarBalance #RodaMobil

Mengapa Perlu Balancing Roda Mobil | Balancing roda berguna untuk menyeimbangkan roda mobil atau sepeda motor agar sebaran massa atau bobot merata. Dengan balancing roda mobil atau roda sepeda motor, maka roda dapat berputar pada sumbu putarnya dengan tenang tanpa ada getaran.

balancing ban mobil

Mengapa perlu balancing roda ?

Roda adalah salah komponen kendaraan yang menopang berat kendaraan. Roda sendiri terdiri dari ban dan pelek. Ban berputar mengikuti perubahan arah gerak kendaraan mengikuti putaran roda kemudi. Selain itu ban juga berfungsi meredam getaran mobil dari jalan. Keausan ban sangat dipengaruhi oleh fungsi dari suspensi, power steering dan penyetelan front wheel alignment. Sehingga ban dan pelek menjadi komponen yang mempunyai fungsi vital dalam kendaraan.

Kondisi roda juga sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Ban dan velg akan mengalami perubahan kualitas dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan medan dan cara penggunaan kendaraan.

Saat roda berputar, terjadi gaya sentrifugal pada tiap bagian roda. Jika pada roda yang berputar masanya tidak merata, misalnya terdapat bagian spot atau titik yang berat, bagian tersebut akan akan tertarik dengan arah gaya luar dari radius roda. Gaya ini semakin kuat ketika roda berputar semakin cepat. Akibatnya roda menjadi tidak seimbang (unbalance).

Roda juga mendapatkan distribusi gaya sentrifugal yang tidak merata. Gaya sentrifugal yang lebih besar pada salah satu titik roda, akan menarik dengan gaya yang kuat saat ban berputar. Hal ini bisa mengakibatkan roda mobil bergerak ke atas dan ke bawah atau dari sisi satu ke sisi yang lainnya (oblak). Jika getaran tidak mampu diredam oleh sistim suspensi mobil, pengendara akan merasakan goncangan atau getaran akibat roda yang tidak balance.

Bodi mobil sekarang pada umumnya dibuat lebih ringan dan terus dibuat semakin ringan dibandingkan dengan  generasi mobil sebelumnya, maka efek getaran yang ditimbulkan bobot komponen mobil sekitar suspensi  dan dibawah suspensi termasuk roda menjadi semakin dominan. Roda kendaraan yang tidak balance sedikit saja akan memberikan akibat yang semakin besar.

Beberapa fakta otomotif adalah, bobot mobil generasi terdahulu yang berat membantu menghasilkan peredaman yang baik pada sistem suspensi selama berkendara, sehingga   penumpang tidak terlalu merasakan datangnya getaran yang berarti. Dalam kasus ini fungsi peredaman getaran menjadi optimum sehingga mobil dinaikinya terkesan lebih lembut.

Pertimbangan yang lain adalah teknologi ban. Penggunaan ban mobil saat ini  trend umumnya menggunakan ban profil rendah. Ban dengan profil yang lebih rendah memiliki karakter lebih responsif (memberikan umpan balik kondisi jalan dan respon kemudi yang lebih baik). Jika roda ada yang tidak balance sedikit (missal : setengah ons) saja akan mengakibatkan getaran yang cukup terasa. Bagi mobil yang menggunakan pelek berukuran besar dan profil  ban yang rendah, balancing roda mau tidak mau menjadi suatu keharusan.

Tags: balancing roda ban mobil spooring balancing

Related Post "Ketahui Mengapa Perlu Balancing Roda Mobil"

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Velg Ban
#Modifikasi #VelgMobil #AfterMarket Yang Perlu Diperhatikan Sebelum
Saat Alami Ban Pecah pada Kecepatan Tinggi, Jangan Direm!
#BanPecah #TipsJalanan #TipsMengemudi Ban Pecah pada Kecepatan
Ketahui Tipe Jenis Kendaraan Mobil Menurut Letak Mesin
#JenisMobil #TipeMobil #LetakMesin Tipe Jenis Kendaraan Mobil
Ini Cara Perawatan Mobil Yang Salah Dan Harus Dihindari
#Mobil #TipsOtomotif #PerawatanMobil Cara Perawatan Mobil Yang
  1. Melakukan Pengecekan Balancing Ban Roda2 years agoReply

    […] ban yang akan memberikan masalah pada pengendaraan (menciptakan apa yang disebut gaya varians). Mesin balancing generasi baru dapat mendeteksi gejala ini dan sekaligus menganalisa kebutuhan dan posisi peletakan […]

  2. author

    pak indro1 year agoReply

    wah jos tenan info ne. muatur suwun kang mas apritos.

Leave a reply "Ketahui Mengapa Perlu Balancing Roda Mobil"